Media Raya Org

SUMBER UTAMA INFORMASI ANDA

Siput Usal, Sumber Protein Hewani Masyarakat Pesisir Gunungkidul


MediaRaya.Org – Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten dengan garis pantai terpanjang di Indonesia, mencapai sekitar 91,12 km. Hal tersebut menjadikan Gunungkidul memiliki potensi kelautan dan perikanan yang sangat besar. Salah satunya, siput usal (Turbo Spp), biota air yang berpotensi sebagai sumber protein hewani.

Periset Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dwi Eny Djoko Setyono menyampaikan, telah terjadi perubahan pola makan penduduk di dunia, dari mengonsumsi biota darat ke biota air (produk perikanan) yang memiliki nilai gizi tinggi dan sehat.

“Meningkatnya populasi masyarakat dunia serta kebutuhan akan makanan yang bergizi merupakan faktor yang mendorong masyakarat di dunia beralih untuk mengonsumsi biota air, seperti ikan, siput, dan rumput laut,” ungkap Djoko, Senin (2/9/2024).

Salah satu biota air yang berpotensi sebagai sumber protein hewani bagi masyarakat pesisir adalah siput usal. Menurut Djoko, usal banyak ditemukan di kawasan pantai Gunungkidul dan sudah lama dikonsumsi oleh masyarakat. Usal dimasak menjadi makanan tradisional, seperti tongseng usal, sate usal, dan oseng-oseng usal.

Siput usal memiliki nilai gizi dan protein tinggi. Djoko menguraikan, daging usal memiliki kandungan protein 58,38 hingga 70,34 persen, serta kandungan lemak 2,21 hingga 6,87 persen.

Usal juga memiliki kandungan vitamin esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A, B12, dan E.

“Usal kaya akan mineral makro dan mikro, seperti kalium, kalsium, magnesium, besi, seng, tembaga, dan selenium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, khususnya anak-anak dan ibu hamil,” paparnya.

Dia menambahkan, kandungan protein usal lebih tinggi daripada ikan sehingga dapat dijadikan sebagai sumber protein keluarga.

“Mengonsumsi usal dapat membantu mencegah anemia dan stunting bagi ibu hamil, karena memiliki kandungan kalsium sangat tinggi yang baik untuk perkembangan tulang bagi janin, sehingga bayi akan lahir dan tumbuh dengan sehat,” terang Djoko.

Selain sebagai sumber protein alternatif, sambung dia, usal juga dapat dimanfaatkan sebagai produk ekonomi kreatif bagi wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul.

“Kami telah melakukan inovasi teknologi dengan mengalengkan daging usal ini supaya dapat disimpan lama dan dapat dikirim ke tempat lain di luar Gunungkidul,” ujar Djoko.

Harapannya, selain sebagai alternatif sumber protein hewani, produk olahan usal yang sudah dikalengkan dapat dijadikan oleh-oleh atau buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul. Sehingga, mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terkait dengan pengelolaan sumber daya siput usal, Djoko menegaskan, keberadaan usal harus tetap dijaga dan dilestarikan agar tidak punah. Beberapa upaya yang dapat dilakukan di antaranya dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga populasi usal di alam.

Langkah berikutnya adalah membuat batasan tentang jumlah maksimal yang harus dipanen, serta batas usia atau ukuran yang boleh ditangkap.

“Masyarakat hendaknya menangkap usal yang sudah dewasa atau sudah bereproduksi agar bisa melepaskan keturunannya terlebih dahulu ke alam, sehingga populasinya akan terus terjaga,” katanya.

Faktor lingkungan perairan yang bersih dan tidak tercemar juga berpengaruh terhadap kelangsungan hidup siput usal.

“Upaya terakhir adalah dengan restocking atau melepas benih usal ke habitatnya di alam (perairan pantai Gunungkidul), tidak dibutuhkan perawatan yang ekstra, dalam waktu dua tahun siput usal yang dilepas tadi akan tumbuh dengan sendirinya, dan masyarakat pesisir dapat memanennya,” pungkas Djoko. (Sumber brin.go.id)

Sumber