Media Raya Org

SUMBER UTAMA INFORMASI ANDA

PAL Goes to Campus di UGM Bahas Inovasi Sektor Maritim Indonesia


MediaRaya.Org – PT PAL Indonesia menggelar “PAL Goes to Campus” di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Selasa (24/9/2024), menandai langkah penting dalam menjembatani kolaborasi industri dan akademisi.

Acara ini menghadirkan serangkaian kegiatan menarik, termasuk pameran mini seputar pertahanan dan energi kelautan, dan Career Coaching Clinic di PT PAL. Selain itu ada Leader Talks oleh Direktur Utama PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod.

Dalam sesi Leader Talks, Kaharuddin memberikan inspirasi kepada audiens dengan visinya akan kemajuan peradaban maritim Indonesia dan menekankan kepada generasi muda akan pentingnya hal tersebut.

Dengan kerangka pemahaman akan pentingnya inovasi, dedikasi, dan implementasi terkait kemajuan teknologi akan dapat membawa kemajuan untuk bangsa Indonesia.

Kolaborasi antara PT PAL Indonesia dan Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk menjadi pemimpin masa depan di sektor maritim dan teknologi.

PT PAL merasa turut berbangga dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa UGM untuk mengetahui lebih jauh ke dalam dunia industri melalui program magang dan penelitian di PT PAL.

PAL Goes to Campus juga diisi penandatanganan kerjasama PT PAL dan UGM. Kolaborasi ini diharapkan membawa manfaat bagi kedua institusi karena di dalam Nota Kesepakatan Bersama disepakati berbagai program kerja sama yang meliputi bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Dengan kerjasama ini tidak hanya memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia industri, tetapi juga memperkaya pengetahuan praktis yang akan sangat berguna dalam karier para mahasiswa di masa depan.

Selain itu, keduanya bersepakat untuk juga membuka pintu bagi para mahasiswa untuk merasakan pengalaman langsung di industri melalui program magang dan penelitian tugas akhir di PT PAL. Kolaborasi ini memungkinkan mahasiswa UGM untuk belajar langsung dari proyek-proyek strategis di PT PAL, menjadikan pengalaman mereka lebih bermakna dan aplikatif.

Di kesempatan tersebut, Rektor UGM, Ova Emilia menyampaikan bahwa UGM menyambut baik rangkaian acara PAL Goes to Campus. Antusiasme mahasiswa dalam sesi tanya jawab turut menggambarkan semangat generasi muda dalam kesiapan kolaborasi membangun industri pertahanan dan maritim nasional.

Menurutnya, tridarma perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, UGM dapat memberikan ruang improvisasi dalam menciptakan SDM unggul agar dapat bermanfaat lebih kepada masyarakat memajukan industri pertahanan dan maritim.

Kegiatan ini memberikan bentuk wawasan pada mahasiswa akan peran industri maritim dalam berkontribusi pada msyarakat dan nasional.

Kolaborasi ini tidak hanya memperkuat posisi UGM sebagai pusat pendidikan teknologi terkemuka, tetapi juga menegaskan peran PT PAL sebagai mitra industri yang berkomitmen dalam pengembangan sumber daya manusia unggul di Indonesia.

PAL Goes to Campus menjadi komitmen bersama untuk membina generasi pemimpin masa depan di sektor maritim dan pertahanan Indonesia. Dengan menggabungkan keunggulan akademis dan keahlian industri, kemitraan ini bertujuan untuk menciptakan aliran talenta yang kuat yang akan membawa sektor maritim Indonesia ke level yang lebih tinggi.

Sumber